Wamen Nezar Patria Dorong Generasi Muda Terus Belajar

Wamen Nezar Patria Dorong Generasi Muda Terus Belajar

Jakarta. suararadarcakrabuana.com – Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Nezar Patria mendorong generasi muda memiliki keinginan untuk terus belajar dalam menghadapi perkembangan teknologi yang makin pesat.

“Generasi sekarang itu harus menerapkan growth mindset, jadi terus belajar dengan bertumbuh untuk bisa menyongsong dan bisa merespons perkembangan-perkembangan mutakhir di teknologi abad 21 ini,” ujarnya dalam Podcast Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (PodKagama) yang disiarkan dari Jakarta Selatan, Sabtu (27/07/2024).

Menurut Wamen Nezar Patria, generasi penerus bangsa perlu memperjuangkan agar Indonesia turut menjadi bagian dalam rantai pasok global teknologi mutakhir, tidak hanya berperan sebagai konsumen saja.

“Lebih banyak anak-anak muda kita butuhkan berada di garis depan dalam rangka membuka jalan, misalnya bagaimana Indonesia bisa menjadi salah satu negara yang penting dalam rantai pasok global infrastruktur AI,” tuturnya.

Wamenkominfo menyontohkan negara tetangga seperti Malaysia telah memiliki pabrik semikonduktor yang merupakan hasil kerja sama sekitar 60 ribu talenta digital mereka di seluruh dunia. 

“Saya meyakini sumberdaya manusia di Indonesia juga berkualitas, bahkan sudah banyak yang bisa berkarya di perusahaan teknologi global,” tandasnya.

Meskipun demikian, Wamen Nezar Patria mengakui masih terdapat kesenjangan antara SDM di Pulau Jawa serta kota-kota besar dengan di luar Jawa. Menurutnya, hal ini terjadi karena masih kurangnya akses terhadap teknologi dan belum ada dukungan permodalan di daerah-daerah tersebut.

“Selain itu, institusi pendidikan di daerah-daerah yang lebih maju memiliki banyak inisiatif-inisiatif untuk mengembangkan kemampuan mahasiswanya,” ungkapnya.

Wamenkominfo mendorong jejaring yang menghubungkan sumberdaya manusia digital di berbagai daerah di Indonesia untuk saling bertukar pikiran dan berbagi pengalaman.

“Sumberdaya manusianya bisa bertukar pikiran, pengalaman, diajak dalam satu jaringan, jadi mereka bisa ikut dalam satu ekosistem yang sedang tumbuh,” ujarnya.

Wamen Nezar Patria juga mendorong perusahaan-perusahaan teknologi global bekerja sama dengan kampus untuk mendidik mahasiswa menjadi talenta digital yang memiliki keahlian teknologi mutakhir. Dengan kerja sama ini, Wamen Nezar Patria juga berharap masalah-masalah yang dialami oleh dunia industri dapat dibahas di kampus untuk mendapatkan solusinya.

“Jadi kesulitan-kesulitan yang dihadapi di dunia industri mungkin bisa dibawa ke kampus untuk coba dibahas dgn lebih dingin, untuk diliat, kemudian kampus memberikan sumbang solusi-solusinya,” ujarnya.

 

Sumber : Biro Humas Kementerian Kominfo

Redaksi : Rakhmat sugianto.SH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *