Waspadai 4 Modus Penipuan Lewat Group WhatsApp Dan Telegram

Suararadarcakrabuana.com – Waspadai Penipuan Lewat Grup WhatsApp dan Telegram yang Kembali Marak. Belakangan ini sedang marak terjadi modus penipuan berkedok misi berhadiah uang melalui grup WhatsApp atau Telegram. Selain modus penipuan berupa misi berhadiah uang, ada juga beberapa kedok penipuan lain.

Salah satunya, penipuan menggandeng pengguna Whatsapp banyak terjadi. User diajak bergabung di sebuah grup yang mengatasnamakan aplikasi perpesanan tiket pesawat Tiket. com.

“Sebagai online travel agent (OTA) dengan fokus customer-centric, keamanan dan kenyamanan sobat tiket dalam bertransaksi di platform kami merupakan prioritas utama. Oleh karena itu, kami selalu mengedukasi dan memberikan informasi terkini untuk melindungi sobat tiket dari segala bentuk penipuan yang mengatasnamakan aplikasi ini,” Ungkap Maria Risa Puspitasari, SVP of Brand Marketing tiket. com yang dikutip Chatnews.id, Rabu (31/7)

Dengan maraknya penipuan yang mengatasnamakan tiket. com. penting untuk selalu waspada dan berhati-hati. Modus penipuan, baik online maupun offline, semakin canggih dan beragam dalam upaya mendapatkan uang ataupun informasi pribadi.

Aplikasi perpesanan WhatsApp.(Pexel/Anton)

1. Promo Tiket Bodong

Jangan mudah terlena jika sobat tiket mendapat kabar tiket promo dengan harga miring. Modus penipuan berupa promo tiket palsu ini biasanya mengelabui calon korbannya dengan iming-iming harga tiket yang kelewat murah di bawah batas wajar.

Biasanya para pelaku akan menghubungi sobat tiket langsung dan menawarkan tiket gratis dengan kedok memenangkan sebuah kompetisi. Namun, pada akhirnya akan diminta mengirimkan sejumlah uang tanpa mendapatkan tiket yang dijanjikan.

2. Customer Service (CS) Gadungan

Di era semakin canggihnya teknologi AI (Artificial Intelligence), modus penipuan CS ini menggunakan suara AI generator untuk menipu calon korban. Tanda yang sobat tiket bisa perhatikan yakni suara CS gadungan terdengar jernih namun nada suaranya tidak natural. Bila sobat tiket bertanya hal lain, CS gadungan tidak bisa menjawab pertanyaan sehingga besar kemungkinan ini merupakan bentuk penipuan.

3. Misi Berhadiah Palsu

Jika sobat tiket pernah diundang ke sebuah grup WhatsApp atau Telegram secara tiba-tiba, ini merupakan modus penipuan yang sedang marak terjadi. Misi berhadiah yang ditawarkan beragam, mulai dari mengisi survei, melakukan aktivitas di media sosial, hingga mengunduh aplikasi. Penipu yang menggunakan menginstruksikan agar mengirimkan sejumlah uang dengan kedok deposit.

4. Info Lowongan Kerja Palsu

Apabila sobat tiket diundang wawancara kerja, meskipun tidak melamar pekerjaan tersebut, patut dicurigai kalau itu penipuan. Perhatikan alamat email pengirim undangan wawancara tersebut.

 

Redaksi : Rakhnat Sugianto. SH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *