Beberapa Cara Mengatasi Baterai Cepat Habis

Artikel. suararadarcakrabuana.com – Kapasitas Baterai atau kesehatan Baterai HP sekarang jadi salah satu daya jual untuk brand mereka, meski sudah di beri kapasitas besar tetap saja baterai hp boros, Nah jadi penasaran apa sih penyebab baterai hp cepat habis?

Penyebab baterai cepat habis sebenarnya beragam. Mulai dari layar, aplikasi hingga usia ponsel itu sendiri. Perkembangan layar smartphone terus terjadi seiring waktu. Ukuran yang makin besar hingga ada ponsel lipat dan layar ganda pada ponsel saat ini.

Meski hal itu menambah pengalaman pengguna, namun layar juga membuat smartphone lebih haus daya. Untuk memeriksa penggunaan baterai masuk ke Pengaturan ponsel. Lalu pilih baterai dan tekan menu tiga titik di sudut kanan atas. Setelah itu klik Battery Usage dan tekan tombol menu tiga titik di sudut kanan atas. Terakhir pilih Show full device usage.

Berikut cara untuk mengurangi penggunaan baterai pada layar HP:

1. Rendahkan kecerahan layar: buat redup kecerahan layar akan membantu menyimpan daya baterai.

2. Gunakan kecerahan adaptif: dengan begitu pengguna akan mendapatkan kecerahan layar yang sesuai kebutuhan. Di saat bersamaan juga dapat menghemat baterai saat kecerahan tidak diperlukan.

3. Kurangi screen refresh rate: sejumlah perangkat mendukung layar dengan refresh rate yang tinggi dan terkadang hal ini bisa diatur dalam settings.

4. Kurangi waktu auto-lock: dengan memperkecil waktunya, layar tidak dalam keadaan menunggu untuk digunakan.

5. Tidak gunakan wallpaper animasi: mungkin ini terlihat bagus, tapi artinya ponsel memutar video setiap saat dan tentunya mengurasi baterai.

6. Gunakan wallpaper hitam: jika layar ponsel berjenis Amoled, wallpaper hitam adalah yang paling hemat daya. Ini karena tidak harus mengaktifkan piksel.

7. Gunakan layar lebih kecil: beberapa ponsel seperti Samsung Galazy Z Fold dan Motorola Razr 5G memiliki layar luar yang lebih kecil. Gunakan layar tersebut lebih sering daripada yang berukuran besar saat tidak perlu menggunakan untuk tampilan yang luas.

Baterai terkuras mencari sinyalArea dengan penerimaan layanan yang buruk lebih menguras baterai dibandingkan menonton video. Ponsel akan terus menerus berkomunikasi dengan tower terdekat untuk berusaha tetap tersambung setiap saat.

Berikut cara menghemat baterai terkait layar seluler:

1. Ganti operator: keandalan operator bisa tergantung area, kota dan tempat kamu tinggal. Cari tahu keunggulan tiap operator dan bisa yang sekarang bukan yang terbaik, segera ganti.

2. Airplane Mode: fitur ini dapat memaksa antena HP beristirahat. Kamu bisa melakukannya jika koneksi internet sedang buruk.

3. Perluasan jaringan: ada kalanya operator menawarkan perluasan jaringan internet dan memberi sinyal. Pertimbangkan untuk menggunakannya jika akan pergi ke tempat yang layanan naik turun dalam waktu lama.

4. Penguat sinyal: booster ini memang mahal, namun bisa jadi solusi. Produk tersebut memiliki antena luar dam sinyal akan dibagi dalam rumah dengan antena internal.

Aplikasi di latar belakang  yaitu Aplikasi tertentu terkenal dapat menguras baterai dengan cepat. Misalnya Youtube, Netflix dan sejumlah layanan streaming lain. Adapula aplikasi yang menghabiskan baterai tanpa penggunaan aktif. Ini terjadi pada Facebook, Messenger, Instagram dan WhatsApp.

Berikut cara untuk memperbaikinya:

1. Hapus aplikasi tak perlu: terkadang kita hanya menggunakan sedikit aplikasi saja pada ponsel. Sementara aplikasi selalu aktif di latar belakang dan menguras baterai. Lakukan pembersihan dan hapus aplikasi yang tidak perlu untuk menghindari baterai cepat habis.

Hentikan aplikasi yang bekerja di bacground

2. background: caranya dengan membuka pengaturan lalu apps & notifications. Pilih Select the app masuk ke Advanced, lanjutkan ke Battery. Terakhir ke Background restriction dan masuk menuju Restrict.

3. Tutup aplikasi: sejumlah aplikasi dapat berperilaku tidak semestinya yang berakibat bisa menguras baterai. Sebaiknya tutup atau matikan aplikasi ini, caranya dengan buka Settings lalu ke Apps & notifications. Terakhir pilih Select the app dan tekan Force stop.

4. Gunakan ponsel dengan bijak: terkadang kita mengatakan ingin masa pakai baterai lebih lama. Namun di sisi lain masih menggunakannya untuk bermain game, menonton film, bahkan menghabiskan waktu berjam-jam di jejaring sosial.

Usia ponsel yang makin tua Baterai smartphone mulai kehilangan kinerjanya seiring berjalannya waktu dan juga panas yang konstan. Usia jadi alasan utama masa pakai baterai semakin pendek. Sebab, kapasitas baterai bisa terpotong satu atau dua detik setiap kamu mengisinya.

Begini cara memperbaikinya:

1. Beli ponsel baru: tidak ada yang dapat dilakukan lagi kecuali membeli perangkat baru.

2. Mengganti baterai: jika menggunakan baterai yang dapat dilepas, kamu bisa menggantinya dengan yang baru. Bila baterai ponsel tipe yang tidak bisa dilepas, dapat menggantinya dengan membuka ponsel namun memerlukan sejumlah pengetahuan teknis dan ada resiko dibalik semuanya.

Nah Itulah Penyebab dan cara mengatasinya, semoga mudah di pahami dan berguna ya, serta bermanfaat untuk kita semua.

Penulis Redaksi : Rakhmat sugianto.SH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *