3 Daftar Bansos BLT Lansia 2024 Akan Cair, Cek Penerimanya!

suararadarcakrabuana.com – Masyarakat kurang mampu yang telah berusia lanjut akan menerima 3 Jenis bantuan sosial berupa permakanan bahkan dalam bentuk sembako hingga uang tunai sepanjang tahun 2024.

Namun, Hanya lansia yang sudah terdaftar di DTKS Kemensos saja yang bisa menerima bantuan tahun ini. Sebagaimana dijelaskan dalam tayangan YouTube Pendamping PKH bahwa untuk memastikan Bansos sudah cairk atau belum masyarakat dapat mengakses lewat aplikasi SIKS-NG.

Jika terdata sebagai penerima, maka lansia akan mengantongi uang gratis mulai Rp 600 ribu dari pemerintah yang akan disalurkan melalui Kantor Pos. Untuk pengecekan datanya KPM bisa mengakses link Klik https://cekbansos.kemensos.go.id/ atau Klik Disini

Berkenaan dengan Bansos Pada tahun 2024 ini anggaran Kementerian Sosial Republik Indonesia mencapai Rp78 Triliun. Selanjutnya apakah pada bulan September 2024 bantuan kepada lansia tersebut masih di cairkan?

Bagi penerima manfaat Bansos khusus lansia tahun ini bisa memantau pencarian Bansos lewat akun pendamping sosial.

Adapun 3 jenis Bansos yang bisa lansia dapatkan adalah sebagai berikut:

1. Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH)

Dana Lansia PKH adalah lansia yang merupakan komponen dari pengurus PKH.

Dalam hal ini adalah ibu yang adanya pengurus PKH yang telah ditetapkan sebagai penerima bansos regular tersebut. Dibuktikan dengan satu Kartu Keluarga (KK) dengan pengurus, dan NIK yang sudah online di Dukcapil.

Adapun besaran bantuan adalah Rp2.400.000 per tahun yang dicairkan sebanyak 4 tahap sebesar Rp600.000. Kewajiban dari lansia penerima PKH adalah harus memeriksakan dirinya ke fasilitas kesehatan, dan juga polindes lansia yang ada didesa atau puskesmas yang ada dikelurahan sebanyak minimal satu kali setahun.

Disamping itu, Si Anak yang merupakan pengurus PKH dan juga pengurus lansia (Ibunya) haruslah mengikuti pertemuan kelompok yang diadakan oleh pendamping PKH ditiap kecamatan setiap bulannya. Untuk usia dari lansia tersebut minimal 60 tahun.

Pada tahun 2023 lalu, penambahan penerima PKH untuk menggenapi 10 Juta KPM juga diambil dari lansia DTKS berumur 60 yang merupakan pengurus rumah tangga, dengan kata lain janda yang ditinggal meninggal oleh suaminya.

2. Bantuan Permakan Lansia

Permakan lansia ditujukan kepada lansia tunggal yang berumur 70 tahun ke atas. Terbatas secara fisik, dan ekonomi. Dibuktikan dengan NIK online, KK tunggal, bukan pensiunan ASN/TNI/Polri, dan asuk didalam data DTKS.

Permakan tidak berbentuk uang, akan tetapi makanan 2 kali sehari Rp21.000,-yang diberikan kepada lansia, dan dimasak oleh Pokmas yang telah ditujuk ditingkat desa dan kecamatan. Jadi per bulan lansia bisa mendapatkan Rp. 600.000,- untuk makannya saja. Apabila ditetapkan sebagai penerima bansos Atensi Permakan Lansia.

3. Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)/Sembako

Terakhir adalan bantuan BPNT, yang sekarang lebih sering di sebut sembako. Tetapi, berbentuk uang tunai Rp600.000 per tiga bulan yang dicairkan di kantor pos dengan membawa undangan dan KTP asli.

Penerima BPNT/Sembako adalah lansia pengurus dalam Kartu Keluarga (KK) yang ada di DTKS dengan umur minimal 60 tahun.Bahwa tahun ini Kemensos akan memberikan sekitar Rp6.000.000 kepada 10.000 KPM pada Program Pahlawan Ekonomi Nusantara (PENA), sebagai bantuan usaha produktif baik rintisan maupun yang sudah berjalan.

Mensos juga menargetkan sebanyak 133.600 orang bisa mendapatkan manfaat dari program Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) kepada penyandang disabilitas, lansia, anak yatim, dan anak yang memerlukan perlindungan khusus korban bencana dan kedaruratan. Adapun syarat dan besaran bantuan bagi penerima bansos lansia tersebut meliputi beberapa hal.

Kenapa demikian, Karena data yang diambil Kemensos untuk lansia penerima Bansos tahun ini adalah dari DTKS, bisa dipastikan beberapa penerima juga memiliki kartu BPJS Kesehatan, dalam hal ini KIS-PBI.

Demikianlah informasi yang bisa dibagikan terkait lansia pemilik BPJS Kesehatan KIS – PBI bisa menerima 3 jenis Bansos tahun 2024. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

Redaksi : Rakhmat sugianto>SH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *