Perlu Diketahui Beberapa Tanda Peringatan Darurat Di Mobil

Artikel otomotif. Suararadarcakrabuana.com – Mobil zaman sekarang sudah punya banyak indikator peringatan di dasbor. Beberapa indikator itu menggambarkan peringatan darurat yang harus segera ditangani. Kalau tidak, masalah lebih besar mungkin akan muncul.

Dirangkum detikOto, setidaknya ada 11 peringatan darurat di mobil yang terindikasi dari lampu indikator di dasbor. Jangan sepelekan jika lampu indikator ini muncul. Apa saja peringatan darurat itu? Berikut informasinya seperti dikutip dari situs resmi Astra

1. Peringatan Temperatur Mesin

Indikator di Dasbor Mobil

Salah satu peringatan darurat yang harus menjadi perhatian pengemudi adalah indikator temperatur mesin. Jika peringatan darurat suhu mesin itu menyala merah, maka suhu mesin telah mencapai batas normal. Jika indikator ini menyala, cek komponen pendinginan mesin seperti coolant, radiator, atau kipas radiator.

2. Peringatan Aki

 

Indikator di Dasbor Mobil

 

Di layar dasbor juga ada gambar baterai atau aki. Jika aki menyala hal ini menandakan bahwa aki mobil mulai aus, putus, soak, atak kabel-kabelnya mengalami korsleting.

3. Peringatan Tekanan Oli

Indikator di Dasbor Mobil

Indikator tekanan oli yang menyala menandakan bahwa kurangnya pelumasan oli pada mesin atau kondisi oli yang sudah tidak layak digunakan. Jika indikator ini menyala, pastikan segera mengganti oli mesin.

4. Peringatan Rem

Indikator di Dasbor Mobil

Lampu peringatan rem menyala apabila rem tangan menyala. Namun jika lampu ini menyala terus-menerus padahal rem tangan tidak dalam posisinya, itu berarti terdapat masalah pada sistem pengereman. Biasanya masalahnya ada pada tekanan hidrolik atau cairan rem yang sudah mulai habis.

5. Indikator Check Engine

 

Indikator di Dasbor Mobil

Peringatan darurat check engine ini menandakan bahwa terdapat masalah pada bagian mesin mobil. Umumnya indikator check engine terjadi ketika beberapa komponen yang mempengaruhi mesin mengalami kerusakan.

6.Indikator Power Steering

Indikator di Dasbor Mobil

Lampu indikator ini menyala apabila terdapat masalah pada bagian power steering mobil. Lampu ini akan mati jika masalah power steering ini teratasi dan reset ECU.

7.Indikator Airbag

Indikator di Dasbor Mobil

Jika indikator airbag menyala, artinya sistem airbag mobil rusak atau dalam kondisi mati. Lampu indikator ini juga menyala karena sistem seat belt yang rusak.

Cara mematikan lampu indikator ini adalah dengan memeriksa bagian kemudi dan seat belt.Namun jika tidak terjadi masalah, berarti terdapat error pada sistem ECU mobil.

8. Indikator Temperatur Transmisi

Indikator ini menyala apabila temperatur oli transmisi berada di atas normal. Indikator ini kemungkinan akan menyala jika pengemudi menggunakan oli transmisi yang tidak sesuai. Kalau indikator ini menyala, segera ke bengkel terdekat dan kuras oli transmisi lalu menggantinya dengan yang baru.

9.  Lampu Indikator Tekanan Ban

Jika lampu indikator ini menyala, itu berarti tekanan ban mobil rendah. Segera cek tekanan ban untuk kenyamanan dan keselamatan.

10. Indikator ABS

Indikator di Dasbor Mobil

Jika menyala, indikator Anti-lock Braking System pada mobil mengalami kerusakan.

12. Indikator Lampu Bahan Bakar

Indikator di Dasbor Mobil

Indikator bahan bakar akan menyala saat sisa bahan bakar menipis. Segera lakukan pengisian bahan bakar saat indikator ini menyala.

Semoga Artikel ini sangat bermanfaat untuk para pengemudi dan untuk masyarakat luas. itulah beberapa tanda peringatan darurat yang harus diperhatikan oleh pemilk kendaraan ataupun pemgemudi kendaraan, ketika akan melakukan perjalanan jarak jauh maupun jarak dekat. Guna menjaga keselamat saat mengendarai kendaraan di jalan raya.

 

Penulis Redaksi : Rakhmat sugianto. SH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *