Kominfo Gelar Temu Bisnis P3DN Tahap VIII

Jakarta. suararadarcakrabuana.com – Pemerintah menegaskan komitmen untuk menumbuhkembangkan ekosistem ekonomi digital yang mendukung pertumbuhan produk lokal. 

Kementerian Komunikasi dan Informatika akan menggelar Temu Bisnis VIII Percepatan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN): “Membangun Ekosistem Ekonomi Digital untuk Produk Lokal” pada  tanggal 18 s.d. 19 September 2024 di ICE BSD Tangerang Banten.

Menkominfo Budi Arie Setiadi menekankan penyelenggaraan Temu Bisnis VIII P3DN ditujukan untuk  mendukung program pemerintah meningkatkan penggunaan produk dalam negeri.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk mempertemukan langsung produsen dengan pengguna produk dari berbagai kementerian, lembaga dan pemerintah daerah,” ungkapnya di Jakarta Selatan, Senin (16/09/2024).

Menteri Budi Arie menyatakan hasil kolaborasi Kementerian Kominfo dengan Kementerian Pertanian ini menjadi upaya mendorong pertumbuhan ekonomi digital serta memperkuat penggunaan produk dalam negeri.

“Sejalan dengan Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2022, temu bisnis ini menjadi wadah bagi para pelaku usaha, khususnya di sektor teknologi informasi dan komunikasi serta industri kecil dan menengah, untuk berkolaborasi dan memperluas jaringan bisnis,” tuturnya. 

Menkominfo menilai Temu Bisnis VIII P3DN merupakan langkah strategis untuk menciptakan ekosistem ekonomi digital yang kuat dan berdaya saing. 

“Melalui acara ini, kami berharap dapat mendorong inovasi, meningkatkan kualitas produk dalam negeri, serta memperluas pasar bagi pelaku usaha lokal,” ujarnya.

Selama dua hari, peserta Temu Bisnis ini akan disuguhkan berbagai kegiatan mulai dari workshop terkait ekonomi digital, regulasi dan peluang bisnis produk dalam negeri hingga coaching clinic terkait bagaimana menyediakan layanan konsultasi gratis bagi pelaku usaha untuk perencanaan bisnis, pengadaan hingga sertifikasi Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN).

“Nantinya acara ini tidak hanya mengundang para pejabat terkait yang hadir tapi juga menyuguhkan kegiatan dari praktisi yang dapat memperkaya keilmuan bisnis terutama bagi para pelaku UMKM,” jelas Menteri Budi Arie.

Menkominfo menyambut baik inisiatif kegiatan seperti Temu Bisnis ini dan mengajak partisipasi dari para pelaku bisnis untuk turut hadir di ICE BSD tanggal 18-19 September 2024 mendatang.

“Kami mengundang seluruh pelaku usaha, terutama UMKM, untuk berpartisipasi dalam Temu Bisnis VIII. Ini adalah kesempatan emas untuk mengembangkan bisnis dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi Indonesia,” tutupnya.

Temu Bisnis VIII ini akan menampilkan pameran produk dalam negeri dengan beragam produk yang berkualitas dari berbagai sektor, tidak hanya dari sektor teknologi informasi tapi juga dari sektor pertanian. 

Kegiatan Temu Bisnis ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing para pelaku usaha mengembangkan produk yang berkualitas dan inovatif hingga memperluas akses pasar bagi produk dalam negeri, baik di tingkat nasional maupun internasional.

 

Biro Humas Kementerian Kominfo

Redaksi : Rakhmat sugianto.SH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *