Pemerintahan Lompatan Transformasi Digital No One Left Behind!

Jakarta. suararadarcakrabuana.com – Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi bersama Wakil Menteri Kominfo Nezar Patria, Wakil Menteri Kominfo Angga Raka Prabowo dan Sekretaris Jenderal Mira Tayyiba meluncurkan Informasi Grafis 10 Tahun Legacy Pemerintah Bidang Digital, Lompatan Transformasi Digital: No One Left Behind!

Sekjen Kementerian Kominfo Mira Tayyiba menjelaskan, infografis berisi inventori program, kebijakan, dan capaian utama Kementerian Kominfo selama 10 tahun terakhir.

“Kita bisa lihat di tahun 2014 penetrasi internet masih sekitar 35%, di tahun 2024 hampir 80%. Jadi selama 10 tahun kenaikannya sangat melompat,” jelasnya di halaman Gedung Utama Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Jumat (20/09/2024).

Sekjen Mira Tayyiba menyatakan penetrasi internet naik cukup signifikan di tahun 2018 karena sebelumnya di tahun 2017 lelang Spektrum Frekuensi Radio 2,1 GHz dan 2,3 GHz.

“Di 2018 penterasi internet naik, transaksi e-commerce naik di 2019. Jadi setelah lelang infrastruktur naik, transaksi e-commerce juga naik. Ini semua kita rekam dari arahan Presiden dua kali di tahun 2016 untuk ekonomi digital dan tahun 2020 untuk transformasi digital,” jelasnya.

Halaman pertama infografis itu menampilkan arahan Presiden Joko Widodo mencakup Percepatan Infrastruktur Telekomunikasi, Pengembangan E-Commerce, Penguatan Logistik Perdagangan, Penyiapan SDM Digital, dan Percepatan Penyelesaian Regulasi.

Dari arahan tersebut, Kementerian Kominfo menjalankan Akselerasi Transformasi Digital Indonesia melalui Program E-Government, Digital Safety and Data Governance, Digitalisasi Sektor, E-Commerce, dan Konektivitas.

Infografis juga menampilkan capaian pemberantasan judi online, lanskap Pita Frekuensi Hasil Penataan Ulang, SPBE untuk Smart City, Transportasi Online di Indonesia Dongkrak Ekonomi Digital, Inovasi Teknologi Layanan Kesehatan, peran sektor Pos dan Logistik pada E-Commerce.

Kemudian ada Pembayaran Digital, Pembangunan Infrastruktur Fisik Konektivitas, INA Digital sebagai tranformasi pelayanan publik pemerintah, Peningkatan Kapabilitas Talenta Digital, Pelindungan di Dunia Maya, Tata Kelola Ekosistem Digital, Partisipasi UMKM Indonesia dalam E-Commerce, Pembangunan Akses Internet di Fasilitas Publik.

Selanjutnya upaya memacu pertumbuhan Startup, dukungan Kementerian Kominfo untuk UMKM Go Digital, Imigrasi Siaran TV Analog, Keamanan Siber dan Informasi Nasional, Dukungan Pemerintah untuk Industri Media, Literasi Digital dan Menciptakan Kecakapan di Ruang Digital, Pertumbuhan Pengguna E-Commerce hingga Dampak Konektivitas Digital terhadap Perekonomian.

Biro Humas Kementerian Kominfo.

Redaksi : Rakhmat sugianto.SH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *