Hati-Hati Hoaks! Beredar Minuman Keras Kemasan Saset

Jakarta Pusat, Suararadarcakrabuans.com – Beredar pesan berantai di media WhatsApp berisi narasi terdapat minuman keras dengan kemasan baru dalam saset. Konon, pesan tersebut menunjukkan foto produk kemasan saset minuman keras dari brand AO atau Asli Otentik yang dikeluarkan oleh Orang Tua Grup.

Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta dari turnbackhoax.id, hasil penelusuran sebelumnya telah membantah kebenaran dari beredarnya produk tersebut di masyarakat.

Melalui Instagram resminya @ao.orangtua, AO Orang Tua menyebut bahwa produknya hanya mengeluarkan dua kemasan botol kaca, yakni dalam ukuran 620ml dan 275ml.

Pemeriksa Fakta Mafindo dalam laporannya menyebutkan bahwa Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, dan Perdagangan (Dinkopdag) Kota Surabaya telah mengonfirmasi bahwa produk tersebut tidak beredar di masyarakat.

Selain itu, penyebar pertama dari foto tersebut telah mengklarifikasi bahwa produk minuman keras saset itu hanya visual ide kreatif, tidak benar-benar beredar di masyarakat umum. laporan harian isu hoaks yang telah didentifikasi oleh Tim AIS Kementerian Kominfo

 

 

Biro Humas Kementerian Kominfo

Redaksi : Rakhmat sugianto.SH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *