Cegah Sebaran Hoaks, Kominfo Platform Digital Bentuk Satgas

Jakarta. suararadarcakrabuan.com – Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama platform digital berkomitmen melakukan moderasi terhadap penyebaran konten hoaks yang berkaitan dengan Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2024.

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi mengatakan Satuan Tugas Bersama melakukan penanganan secara cepat terhadap konten negatif selama masa kampanye.

“Platform sama Kominfo membentuk satgas bersama, jadi cepat penanganannya. Jadi kita selama 55 hari ini kita patroli bersama,” tegasnya dalam Deklarasi Pilkada Damai 2024 dan Anti-Hoaks di Media Center, Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Kamis (03/10/2024).

Menteri Budi Arie menyatakan saat ini penyebaran konten hoaks Pilkada Serentak 2024 relatif rendah. Namun demikian, pembentukan Satgas Bersama merupakan upaya mencegah agar tidak terjadi kenaikan signifikan.

“Terjadi penurunan yang signifikan untuk tahun 2024 ini, baru ditemukan 6 hoaks terkait Pilkada.  Dan diharapkan tidak mengalami peningkatan yang signifikan hingga pelaksanaan Pilkada,” jelasnya.

Menkominfo meminta semua kandidat dan tim pemenangan dalam Pilkada Serentak 2024 untuk menjaga ruang digital.

“Saya minta melakukan  kampanye dengan cara-cara yang baik dan tidak menyebarkan hoaks,” ujarnya.

Menteri Budi Arie juga mengajak semua pihak, termasuk pekerja media untuk menciptakan suasana Pilkada yang damai dan edukatif bagi masyarakat.

“Kita sama-sama menjaga agar Pilkada Serentak 2024 ini bisa berjalan baik dan kita mohon bantuan dari teman-teman media, juga platform, untuk sama-sama kita jaga ruang kita lebih bijaksana, lebih teduh, lebih damai, dan lebih edukatif buat masyarakat,” ungkapnya.

Biro Humas Kementerian Kominfo.

Redaksi : Rakhmat sugianto.SH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *